LAPORAN HASIL MUSYAWARAH PEMBENTUKAN
PENGURUS GUGUS PAUD DAN PKG PAUD MATAHARI UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GEMPOL
Assalamualaikum
Ayah-Bunda...
Menindaklanjuti edaran dari Dinas
Pendidikan Kabupaten Cirebon agar setiap kecamatan membentuk Gugus PAUD MATAHARI,
maka pada hari Sabtu, tanggal 12 mei 2012, UPT PENDIDIKAN Kecamatan Gempol
telah mengumpulkan guru-guru PAUD se-Kecamatan Gempol untuk mensosialisasikan
tentang Gugus PAUD MATAHARI sekaligus pembentukan PKG PAUD MATAHARI Kec. Gempol.
Secara lengkap hasil pembentukan
kepengurusan Gugus PAUD Kec. Gempol adalah :
A. Gugus Cerdas
A. Gugus Cerdas
1. Ketua : Hernawati,
S.Pd
2. Sekretaris : Apiyah, S.Pd
3. Bendahara : Sriani
4. Kelompok Kegiatan :
-
Pokja
Kepala Tk dan Pengelola
Kelompok
Bermain : Iin Cuinah, A,Ma
-
Pokja
Taman Kanak-Kanak :
Mulyanti
-
Pokja
Kelompok Bermain :
Dasman, S.Pdi
-
Pokja
Tempat Penitipan Anak : Samsiah
-
Pokja
Satuan PAUD Sejenis (SPS) : Evi
Novianti, S.Pdi
B. Gugus Sehat
1. Ketua : Maretna, S.Pd AUD
2. Sekretaris : Faridah
3. Bendahara : Bayyinah S.Pd AUD
4. Kelompok Kegiatan :
-
Pokja
Kepala Tk dan Pengelola
Kelompok
Bermain : Sari Rostini
-
Pokja
Taman Kanak-Kanak : Maspupah
-
Pokja
Kelompok Bermain : Tiri
Nurhayati
-
Pokja
Tempat Penitipan Anak :
Kholifah
-
Pokja
Satuan PAUD Sejenis (SPS) : Konaah
C. Gugus Ceria
1. Ketua : Nurlaela
2. Sekretaris : Intanita
3. Bendahara : Marni
4. Kelompok Kegiatan :
-
Pokja
Kepala Tk dan Pengelola
Kelompok
Bermain : Salamah
-
Pokja
Taman Kanak-Kanak : Efi
Silfia AS.
-
Pokja
Kelompok Bermain : Nisa
-
Pokja
Tempat Penitipan Anak : Siti Khodijah
-
Pokja
Satuan PAUD Sejenis (SPS) : Susan
D. Pusat Kegiatan Gugus PAUD MATAHARI Kecamatan
Gempol
Pembina Administrasi:
Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Gempol
Pembina teknis : Pengawas TK/SD Kecamatan Gempol
Penilik PNFI Kecamatan Gempol
1. Ketua : Hernawati,
S.Pd
2. Sekretaris : Yaya Sarah
3. Bendahara : Apiyah, S.Pd
4. Kelompok Kegiatan :
-
Pokja
Kepala Tk dan Pengelola
Kelompok
Bermain : Maretna, S.Pd AUD
-
Pokja
Taman Kanak-Kanak : Sriani
-
Pokja
Kelompok Bermain :
Nurlela
-
Pokja
Tempat Penitipan Anak :
Intanita
-
Pokja
Satuan PAUD Sejenis (SPS) : Marni
Untuk mengetahui lebih mendalam tentang apa itu Gugus PAUD MATAHARI, kita ikuti bahasan berikut ini yuk....
GUGUS
PAUD MATAHARI
Reformasi
birokrasi di Kemendiknas institusi PAUD Formal dan non Formal bersatu didalam
Direktorat Pembinaan PAUD, maka program
TK, KB, TPA, SPS perlu diselaraskan.
Pembentukan
gugus Paud diharapkan dapat memperlancar
upaya peningkatan kemampuan profesional para guru Paud dalam meningkatkan
mutu proses dan hasil belajar anak
didik dengan mendayagunakan segala
sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh guru Paud MATAHARI, tenaga
kependidikan dan masyarakat sekitarnya.
Taman
Kanak-Kanak yang tergabung dalam gugus TK telah mempunyai tempat beKegiatan
bersama dalam satu wadah sebagai bengkel Kegiatan.. Bagi pendidik KB, TPA, SPS dapat bersama-sama bergabung pada gugus TK
untuk meningkatkan kompetensi.
DASAR PEMBENTUKAN GUGUS
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang
Sistem
Pendidikan Nasional
2. * UU Nomor 14 / 2009 tentang
Pendidik dan Dosen
3. * PP Nomor 17 / 2010 tentang
Pengelolaan dan
Penyelenggaraan
Pendidikan
4. * Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional
Nomor 58
Tahun 2009 tentang
Standar
Pendidikan Anak Usia Dini
TUJUAN UMUM
•
Bertujuan
meningkatkan kinerja pembina pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam
mengelola programa PAUD secara profesional yang efisien dan efektif.
•
Untuk
Menumbuhkan dan meningkatkan semangat Kegiatansama, kompetitif di kalangan
gugus PAUD MATAHARI dalam rangka maju bersama mewujudkan gugus PAUD MATAHARI
yang efisien dan efektif
TUJUAN KHUSUS
Menjadikan
wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam hal :
a.
Pengembangan dan inovasi
pembelajaran PAUD
b. Peningkatan profesionalisme pendidik
dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan mutu layanan pendidikan bagi
anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya
c.
Optimalisasi sumber belajar, sarana
prasarana dan potensi lingkungan untuk peningkatan pengembangan dan eksistensi
anggota gugus PAUD
d. Peningkatan komunikasi yang efisien
dan efektif antar anggota komunitas gugus PAUD,orang tua dan masyarakat.
e.
Fasilitasi terhadap akses fasilitas
umber-sumber pembelajaran dari lingkungan dan pemerintah.
Fungsi Lembaga Gugus PAUD MATAHARI
a.
Menjadi
wadah pembinaan profesional dalam meningkatkan Kompetensi bagi pendidik PAUD
yang terencana dan sistematis
b. Sarana
untuk saling bertukar informasi dan saling membelajarkan antar anggota
dan lingkungan masyarakat
c.
Sebagai
bengkel Kegiatan dalam penyediaan kreasi dan inovasi.
d. Sarana
pembinaan Kelembagaan PAUD secara efektif dan efisien
e.
Menanggulangi
keterbatasan fasilitas yang ada di Lembaga PAUD melalui pengaturan Sirkulasi
fasilitas bersama
f.
Menjadi
bengkel pembuatan alat peraga, bahan pembelajaran lainnya
g. Meningkatkan
peran serta dan kepedulian orang tua, masyarakat untuk membantu
Penyelenggaraan pendidikan PAUD
h. Menyemaikan
jiwa persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan rasa percaya diri
dalam menyelesaikan tugas bagi guru dan Pengelola PAUD
Syarat Pembentukan Gugus PAUD MATAHARI
•
Pembentukan Gugus PAUD didasarkan
kedekatan wilayah dalam lingkup Kegiatan Dinas Pendidikan tingkat Kecamatan.
•
Difasilitasi oleh Penilik/Pengawas PAUD dan
dikukuhkan dengan SK pembentukan gugus yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan
Kec/Kab/Kot
•
Jarak PAUD dalam satu gugus relatif
saling berdekatan sehingga memudahkan dalam berkoordinasi dan berkomunikasi
•
Satu gugus PAUD terdiri dari 3-8
Lembaga PAUD, baik yang menyelenggarakan program TK, KB, TPA maupun SPS yang
berada dalam wilayah Kecamatan yang sama.
•
Setiap gugus memiliki 1 PAUD Inti
yang lainnya sebagai PAUD imbas
•
PAUD Inti dipilih dari PAUD yang
memiliki kelebihan di antara PAUD yang ada dalam gugus PAUD MATAHARI.
SYARAT
PAUD INTI
1. Letaknya
mudah dijangkau oleh Pendidik/Kepala/Pengelola
PAUD imbas
2. Lokasi
lingkungan memungkinkan untuk dikembangkan sebagai tempat berbagai kegiatan
3. Kualifikasi
pendidik dan tenaga kependidikan yang
memenuhi ketentuan yang ditetapkan Standar PAUD.
4. Kondisi lingkungan sosial masyarakat sekitar
mendukung terhadap pembaharuan
Pendidikan
5. Memiliki
inovasi dalam bidang tertentu dan terbuka terhadap perkembangan keilmuan PAUD
6. Memiliki
fasilitas dan sumber belajar yang memadai.
7. Memiliki manajemen PAUD yang baik
VISI GUGUS PAUD MATAHARI
Visi
Dapat menjadi aspirasi gugus PAUD sebagai arah dan dasar perencanaan untuk mencapai tujuan
JOB
DESCRIPTION KEPENGURUSAN GUGUS PAUD MATAHARI
1. Pembina Administrasi ( Kepala UPT PENDIDIKAN )
·
Sebagai
Tim Koordinasi pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran dan pembina pendidik
PAUD di wilayahnya
·
Memberikan
dukungan kebijaksanaan dan administrasi
serta memberikan motivasi terhadap pelaksanaan program pada semua Gugus
PAUD di Wilayahnya
·
Memantau
Kegiatan Gugus
2. Pembina Teknis ( Pengawas
&/Penilik )
Berperan
merumuskan kebijaksanaan teknis serta pokok-pokok program peningkatan mutu pendidikan
di PAUD sesuai dengan Standar PAUD
3. Ketua Gugus ( Kepala / Pengelola
PAUD )
·
Menggerakkan
pertemuan berkala antara PAUD Inti dan Imbas
·
Menyusun
dan menjabarkan Program Peningkatan mutu PAUD
4. Sekretaris
( Dipilih dari salah seorang pendidik
PAUD )
·
Membantu
menyiapkan program Kegiatan gugus
·
Menyusun
Jadwal
·
Menghimpun
Permasalahan untuk dijadikan topik pembahasan dalam gugus
·
Mendokumentasikan
dan menyebarluaskan hasil pertemuan gugus
·
Menyusun
Laporan
5. Bendahara ( Dipilih dari salah
seorang pendidik PAUD )
Menghimpun
dana, mengelola, membukukan dan mempertanggungjawabkan keuangan Gugus
6. Anggota
Terdiri
dari semua pendidik dan kepala/pengelola PAUD dari PAUD Inti dan PAUD Imbas
7. Komite PAUD
·
Memberikan
bantuan dan dukungan penyelenggaraan
pendidikan
·
Meningkatkan
peran serta orang tua anak didik dalam
penggalian sumber dana
·
Membantu
mendatangkan Narasumber luar untuk peningkatan mutupendidikan di gugus PAUD
Mekanisme Kegiatan Gugus PAUD MATAHARI
Melibatkan :
·
PAUD Inti
·
PAUD Imbas
·
Pusat Kegiatan Guru( PKG PAUD )
PKG PAUD
Terdiri dari
:
·
Kelompok Kegiatan
Guru (KKG)
·
Kelompok Kegiatan
Kepala/Pengelola PAUD
(KKKP PAUD)
·
Pembina
Administratif Dan teknis
·
Waktu
Pertemuan ( Minimal 1 bulan 1 kali)
Program Kegiatan Gugus PAUD MATAHARI
1. Program
Pengelolaan Manajemen Gugus PAUD
2. Program Peningkatan
Mutu Pendidikan Gugus PAUD
3. Program
pengembangan Gugus PAUD
4. Program
evaluasi gugus PAUD
Pelaksanaan Program Gugus PAUD MATAHARI
1. Pelaksanaan program gugus dilakukan
pertemuan rutin (1 bulan 1x)
2. Waktu pertemuan diupayakan diluar
waktu layanan PAUD
3. Tempat kegiatan dapat disepakati
bersama
4. Dapat mendatangkan nara sumber
5. Pelaksanaan program gugus dilakukan
pertemuan rutin (1 bulan 1x)
6. Waktu pertemuan diupayakan diluar
waktu layanan PAUD
7. Tempat kegiatan dapat disepakati
bersama
8. Dapat mendatangkan nara sumber
9. Program
peningkatan mutu pendidikan PAUD MATAHARI dilakukan secara berkala minimal 1
bulan 1 kali dalam pertemuan KKG dan KK PAUD/Pengelola.
Model-model yang dapat Dikembangkan
untuk program Peningkatan mutu Pendidikan PAUD
v Memanfaatkan
narasumber dari dalam dan mendatangkan narasumber dari luar
v Kunjungan ke
gugus PAUD lain
v Sharing sesama
anggota gugus PAUD MATAHARI
v Mengirim
pengurus/ anggota untuk mengikuti pelatihan/seminar/workshop
v Mengadakan
seminar/Workshop bersama gugus PAUD MATAHARI lain
v Mengadakan
lomba antar Gugus, kecamatan, Kab/Kota, Provinsi dan Tingkat Nasional
v Mendata
kemampuan dan keterampilan anggota gugus PAUD MATAHARI lainnya.
Pelaksanaan Program Kegiatan sama dapat
diawali dengan koordinasi antar instansi/lembaga terkait tingkat Kecamatan,(
Puskesmas, Kepolisian, GOPTKI, IGTKI-PGRI, HIMPAUDI, Tokoh Masyarakat, dll)
Evaluasi
dapat dilakukan secara rutin dan insidental
EVALUASI
PROGRAM KEGIATAN TAHUN PELAJARAN……..
GUGUS……..
Alamat
Gugus :………………………………
Unit
Kegiatan :………………………………
NO
|
Program
|
Tujuan
Program
|
Tempat/waktu
Pelaksanaan
|
Hasil pelaksanaan
Program
|
Kendala Pelaksanaan
Program
|
Solusi
Kendala
Pelaksanaan
Program
|
……………,………..2011
Ketua
Gugus Sekretaris
…………….. …………..
Penyusunan Laporan
Isi laporan tengah tahunan dan
tahunan terdiri dari :
1) Pendahuluan
2) Pengelolaan
gugus PAUD MATAHARI
3) Peningkatan
mutu gugus PAUD MATAHARI
4) Pembiayaan
Program Gugus PAUD MATAHARI
5) Kendala
program gugus PAUD MATAHARI
6) Alternatif
Solusi
7) Penutup
8) Lampiran (hasil
karya, foto, daftar hadir, notulen hasil kegiatan, kritik, saran)
RAPBG PAUD MATAHARI
Pembiayaan Program Gugus PAUD MATAHARI
1.
Iuran dari
PAUD Inti dan PAUD Imbas
2.
Dana dari
Komite PAUD
3.
Dana hasil
usaha kegiatan gugus PAUD
4.
Dana dari
Pemerintah/Lembaga/Instansi dan Masyarakat
5.
Iuran
anggota
Peran serta masyarakat diwujudkan
dalam bentuk Kegiatan sama antara PAUD, masyarakat dan Pemerintah yang dibangun
berdasarkan kebutuhan riil.
PUSAT KEGIATAN GUGUS PAUD KECAMATAN
PENGERTIAN
PKG Gugus
PAUD Kecamatan sebagai wadah koordinasi antar gugus yang melaksanakan kegiatan
pembinaan bagi anggotanya.
FUNGSI
1. Koordinator
antar gugus
2. Wadah
pembinaan seluruh anggota gugus
3. Bengkel Kegiatan
peningkatan mutu layanan PAUD
4. Pusat
informasi terkait dengan perubahan kebijakan pengetahuan terkini dan hal-hal
yang terkait dengan kegiatan PAUD
Tugas dan fungsi
setiap unsur dalam struktur
organisasi PKG PAUD Kec.
1. Pembinaan
administrasi
2. Pembina
teknis
3. Ketua
4. Sekretaris
5. Bendahara
6. Kelompok Kegiatan
TK/KB/TPA/SPS
7. Kelompok Kegiatan
Kepala/Pengelola
8. Anggota
9. Komite
PAUD
Program Kegiatan
Pengurus
PKG berkewajiban menyusun program bulanan, tengah tahunan dan tahun PKG dibantu
oleh Pengawas/Penilik PAUD dan diajukan kepada Pembina Administrasi.
Pelaksanaan Program Kegiatan PKG
·
Koordinasi
antar instansi/lembaga terkait tingkat Kecamatan seperti Puskesmas, Kepolisian,
GOPTKI, IGTKI, Himpaudi, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan pihak terkait.
·
Tujuannya
meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih peduli terhadap mutu pendidikan
mutu pendidikan PAUD
Untuk memajukan pendidikan PAUD MATAHARI
tim Kegiatan Gugus harus dapat dibangun melalui:
1. Pertemuan
yang bermanfaat
2. Pengambilan
keputusan yang bijaksana
3. Komunikasi
yang efektif
4. Peraturan
yang jelas
5. Pendelegasian
tugas yang tepat
Peningkatan Mutu PKG PAUD
Bentuk-bentuk
kegiatan
1. Mengadakan
pertemuan secara rutin
2. Memanfaatkan
nara sumber
3. Melakukan
kunjungan Kegiatan ke PKG lain
4. Mengadakan
lomba antar gugus
5. Mengadakan
lomba kreatifitas guru
6. Jambore keakraban
gugus
7. Festival
kreatifitas anak
•
Pelaksanaan Evaluasi
•
Penyusunan Laporan
•
Pembiayaan Program PKG PAUD
• Pemerintah
• Partisipasi Gugus PAUD
• Hasil usaha kegiatan PKG PAUD
• Dana dari kegiatan-kegiatan lomba, seminar,
workshop
• Dana Lembaga/Instansi/Masyarakat
Peran Serta Masyarakat :
Penyelenggaraan Gugus PAUD
memerlukan dukungan masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk
Pola Pembinaan Gugus PAUD
Pembinaan Gugus PAUD dilaksanakan
melalui prinsip pembinaan, pemberdayaan dan kemitraan dalam mencapai tujuan
bersama dan perlu ditunjuang dengan
struktur pembinaan yang mencerminkan pola hubungan Kegiatan antara
unsur-unsur terkait.
a.
Tingkat pusat
b. Tingkat Propinsi
c.
Tingkat Kabupaten Kota
d. Tingkat Kecamatan
|
Posting Komentar
dilarang menulis spam